SEO Anchor Text dan Teknik Optimasi SEO

Posted by Tips dan Trik Sukses Bisnis Online | 10.19 | Comments

SEO Anchor Text dan Teknik Optimasi SEO Pada Search Engine

SEO Anchor text dan Teknik optimasi SEO Anchor text (teks jangkar) adalah  suatu teks yang berada di antara html tag, atau lebih sederhananya yaitu teks  berisi tautan ke sebuah halaman. Teks jangkar  merupakan salahsatu faktor utama yang menentukan/meningkatkan kenampakan (visibility) di website/blog  pada search engine result page /SERP (hasil penelusuran mesin pencari).  Teks yang dijadikan anchor text akan dianggap oleh search engine sebagai keyword dengan bobot yang lebih tinggi dibanding dengan teks biasa.
Anchor Text dapat meningkatkan pageview, memper backlink dan meningkatkan trafik. Sudah pasti, bahwa Anda semua sangat ingin memperoleh banyak backlink. Menurut para webmaster, backlink yang berkualitas dapat meningkatkan PR sebuah blog atau situs. Dengan kata lain, backlink yang banyak akan membuat sebuah situs memiliki tempat penting pada halaman Search Engine Result Page (SERP). Banyak tips dapat ditemukan tentang backlink, yang mengatakan bahwa sebuah backlink yang SEO friendly, sebaiknya menggunakan text yang mengandung arti, bukan URL yang tidak dimengerti. Dengan kata lain, backlink yang baik dapat diperoleh dengan meninggalkan anchor text yang menarik dan mengandung kata kunci yang Anda targetkan. Sehingga Anchor text yang anda buat, selain akan terbaca oleh mesin pencari, dan menguatkan posisi blog anda di SERP, juga akan menarik pengunjung untuk mengunjungi blog anda.

Berikut ini, adalah beberapa cara untuk membuat anchor text itu : 

Cara Pertama, Anda dapat membuat Anchor Text sesuai judul Blog/website  Anda.
Hal ini dapat dilakukan dengan asumsi bahwa anchor text tersebut sudah mengandung keywords atau kata kunci yang anda inginkan. Misalnya jika anda membuat blog dengan judul “blogonlinebusiness” maka backlink yang baik adalah dengan menggunakan langsung kata “Blog Online Bisnis” tersebut. Untuk membuat backlink dengan anchor text seperti itu Anda bisa menggunakan kode HTML seperti ini:

<a href="http://tutorialbisnisonline4u.blogspot.com" title="Tutorial bisnis online">Tutorial Lengkap Bisnis Online</a>
Sehingga anchor text yang anda buat akan tampil seperti ini:

Tutorial Lengkap Bisnis Online

Cara Kedua : Yaitu dengan membuat Url salah satu artikel anda, bukan ke url blog. Anda dapat membuat anchor text dengan kode HTML seperti ini:
<a href="http://tutorialbisnisonline4u.blogspot.com/2011/05/cara-mudah-belajar-seo.html” title="Cara mudah, lengkap, bisnis online  dan Up to date belajar SEO">Tutorial, lengkap, bisnis online  dan Up to date belajar SEO</a>
Sehingga anchor text yang anda buat akan tampil seperti ini:
Tutorial, lengkap, bisnis online  dan Up to date belajar SEO
       Cara kedua ini lebih baik dibanding cara pertama , cara pertama jika Anda ingin membuat judul blog Anda dikenali Search engine. Namun cara kedua akan lebih efektif untuk meningkatkan traffic, sebab dapat membuat pengunjung merasa penasaran dengan anchor text tersebut. Tentunya jika anda membuat judul artikel yang menarik. Dengan mengklik anchor text tersebut, pengunjung akan dibawa langsung ke halaman yang berkaitan di blog Anda.
       Dalam penggunaannya, biasanya anda memasang di dalam postingan, di sidebar atau footer (untuk tukaran link),   Anchor text merupakan salah satu yang umum digunakan dalam sebuah kontes SEO karena dengan menempatkan keyword yang relevan dengan halaman yang diikutkan kontes, maka search engine akan memberikan nilai kepada halaman yang dituju tersebut.
       Biasanya digunakan metode blok (sorot) teks yang akan dijadikan keyword, kemudian klik toolbar link, selanjutnya masukkan url target.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan keyword yang dipasang di anchor text.
  1. Dalam contoh pertama di atas, keyword (anchor text) yang digunakan adalah : Tutorial Lengkap Bisnis Online, dengan maksud jika robot google mengindeks halaman di blog maka lebih mudah menemukan keyword, seperti 
    " Tutorial, Tutorial Lengkap, Bisnis online, Tutorial Bisnis Online, Tutorial Lengkap Bisnis Online, Belajar Bisnis Online , Belajar Bisnis Online Untuk Pemula, Tips Bisnis Online, Trik  Bisnis Online, Cara Sukses Bisnis Online.
  2. Keyword Density, adalah merupakan kerapatan keyword dalam sebuah postingan. Menurut beberapa forum SEO, menyarankan kerapatan anchor teks sebaiknya dalam minimal 300 karakter terdapat 1 anchor text.
  3. Panjang (jumlah) karakter anchor text normalnya maksimal 60 karakter (karena search engine biasanya mengambil 60 karakter terdepan). Jika lebih maka search engine terkadang tidak mampu mengindeks keywordnya.
  4. Anchor text untuk link di dalam blog (halaman target ada di dalam blog anda) sebaiknya berhubungan dengan judul postingan atau lebih baik jika keyword yang di gunakan juga terdapat di judul postingan, meta tag,judul blog , nama domain dan deskripsi blog (agar robot searcgh engine memberi bobot relevansi yang tinggi)
    Jika halaman target di luar blog Anda sebaiknya gunakan keyword yang berhubungan dengan judul halaman yang akan di link.
  5. Perhatikan pesaing Anda di google search, jika menggunakan jika blog anda masih rendah Pagerank-nya, lakukan optimasi dari keyword yang rendah saingannya. Sebagai contoh: keyword SEO lebih ketat persaingannya dibanding keyword Teknik SEO,Teknik SEO untuk blogspot, Teknik SEO untuk pemula
    Usahakan mendapatkan backlink dengan keyword yang anda optimasi tersebut agar cepat muncul di halaman pertama mesin pencari.
  6. Optimasi keyword seiring dengan peningkatan trafik, jika di dalam sebuah blog terlalu banyak link tetapi jumlah kunjungan (trafiknya) berkurang, maka akan menyebabkan pagerank halaman tersebut berkurang. Dan bisa mempengaruhi google pagerank blog secara keseluruhan. Semakin banyak keyword yang anda pasang maka semakin banyak trafik yang dibutuhkan untuk mengimbangi, agar pagerank halamannya bisa bertahan atau meningkat. (sebagai catatan: setiap halaman mempunyai pagerank sendiri).
  7. Anda bisa melakukan rotasi anchor teks, misalnya dalam 3 bulan pertama gunakan Cara Mudah Belajar SEO untuk pemula, kemudian 3 bulan berikutnya ganti dengan Teknis SEO, dalam melakukan rotasi sebaiknya gunakan potongan dari keyword awal.(dengan catatan anda harus menambah kalimat baru untuk menempatkan keyword baru tanpa mengubah struktur kalimat lama).
  8. Terus membuat keyword baru pada postingan baru, karena serach engine senang jika medeteksi update pada blogspot/website
  9. Anchor text Anda perlukan untuk membangun backlink, bisa dengan melakukan link antar halaman dalam sebuah blog, atau link dari blog lain ke blog anda.
  10. Perhatikan keyword yang anda gunakan, sebagai contoh: penggunaan anchor teks yang kurang tepat :
    a. Dalam postingan terkadang menggunakan kata; klik disini, d@wnload  (kombinasi simbol dan alfabet), dan kata tidak baku lainnya
    b. Dalam pertukaran link terkadang menggunakan keyword yang tidak dikenali oleh search engine. ada beberapa kasus dalam pertukaran link menggunakan kata : Namapemilikblog, url tetap terindeks, tetapi penempatan keywordnya yang kurang tepat,karena mungkin 50% pengguna internet jarang mencari nama atau url di search engine saat mencari blog, terkecuali jika blog anda sudah terkenal maka biasanya banyak pengunjung yang mengetikkan nama anda untuk menemukan blog.
       Setelah usaha jangan lupa berdoa, dan terus belajar dari forum seo, blog seo, dan blog google tentang update terbaru algoritma search engine serta memetakan kelemahan dan kelebihan teknik seo yang digunakan.